Sabtu, 19 November 2011

BLULUUUUUUUK


Zaman saya sekolah dulu guru tak pernah mengenalkan kami dengan sepet, janur, bluluk, blarak, ataupun bathok..tapi saya tahu dgn sendirinya krn alam mengenalkannya melalui kehidupan sehari-hari...
Mengenal kata sepeeet, janur, bluluuuuk,blaraaak dan bathok tentu bukanlah hal asing bagi anda orang jawa. Semuanya itu merupakan bagian dari pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat.
Suatu hari anak anak bertanya “ bunda kenapa buah kelapa bisa mengapung di air, biasanya sesuatu yang berat itu akan tenggelam”
Sang guru menjawab: “karena dalam buah kelapa itu ada sepet nya
Murid: apa itu sepet??
Berawal dari pertanyaan itulah maka, saya menyadari bahwa anak anak di masa sekarang ini perlu diperkenalkan kepada “sesuatu” yang berbau alam, dan Alhamdulillah..Insya Allah...anak anak akan lebih mengenal lingkungannya serta memiliki kesadaran yang baik untuk merawat warisan alam yang luar biasa pesonanya.
zaman sekarang semakin banyak anak anak "gumun" dengan bluluk yang bisa dibuat mainan seperti gasing..
Kata murid saya: "wah bluluuuk ini lebih bagus dari pada mainanku dirumah...keren sekali bunda.....ayo main bluluuuuuuk...kok namanya lucu ya...he..he...”
itu komentar anak zaman millenium.

 Menarik bukan..!! ternyata sesuatu yang sederhana bisa membuat anak anak kita merasa bahagia... Mari mengenal alam dan kembali ke alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar